Jelajah Tiga Negara, KH Abdul Nashir Fattah Kunjungi Fismaba di Mesir

Jelajah Tiga Negara, KH Abdul Nashir Fattah Kunjungi Fismaba di Mesir

Fismaba – Jumat (6/12), Rombongan Pengasuh PP Bahrul Ulum Tambakberas dan Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang tiba di Bandara Internasional Kairo Mesir. Para rombongan rencananya akan melaksanakan perjalanan di 3 negara meliputi Mesir, Palestina, dan Yordania untuk ziarah makam aulia dan para nabi mulai 5 Desember hingga 15 Desember 2019.

Turut serta dalam rombongan, KH Abdul Nashir Fattah, Ibu Nyai Hj. Ummu Salma Nashir, KH. Abdul Kholiq Hasan, serta Ibu Nyai Hj. Bashirotul Hidayah. Ikut memberangkatkan rombongan tersebut Agus H. Abdullah Rif’an Nashir dan Bapak H. Muhyiddin.

Kedatangan rombongan disambut oleh para Mahasiswa Alumni PP Bahrul Ulum yang menuntut ilmu di negeri pyramid ini. Rombongan dijadwalkan akan berada di Mesir selama 3 hari sampai hari Senin. Selama 3 hari ke depan, beliau para kiai dan ibunyai akan menziarahi makam-makam ulama dan peninggalan peradaban zaman dahulu yang ada di Mesir.

Di hari pertama, Rombongan menuju museum peninggalan kerajaan Ramses atau yang biasa kita sebut Firaun yang ada di distrik Tahrir, lalu perjalanan dilanjutkan menuju Masjid Amr bin Ash yang berada di Fustat kawasan kota Kairo lama. Dan selanjutnya rombongan menuju tempat penginapan untuk istirahat

Di hari kedua, Sabtu (7/12), rombongan berziarah ke makam para Zuriah Rasulullah seperti Sidna Husain bin Ali Cucu Rasulullah, Sayidah Nafisah Cicit Imam Hasan bin Ali, Sayidah Zainab binti Ali bin Abi Thalib, , dan beberapa ulama seperti Imam Ibnu Atha'illah As-Sakandari, Imam Syafii, Imam Ibnu Hajar Al-'Asqalani, Imam Laits, dan beberapa makam lainnya. Tak ketinggalan pula rombongan diajak untuk berbelanja di gang Khan Khalili yang merupakan pusat oleh oleh khas Mesir. Lokasinya pun tak jauh dari lokasi Masjid Sidna Husain. Malamnya, para Mahasiswa dan Alumni PP Bahrul Ulum Tambakberas bersilaturahmi dengan para pengasuh yang dibingkai dengan acara sarasehan di Aula KSW (Kelompok Study Walisongo) kekeluargaan Jawa Tengah.

Di hari ketiga, Ahad (8/12) rombongan bertolak ke kota Alexandria untuk mengunjungi Makam Imam Bushiri, Imam Abul Abbas Al-Mursi, serta makam Nabi Daniel dengan melewati jalan paling utara kota Alexandria menyusuri pinggiran pantai Laut Mediterania dan dilanjutkan perjalanan kembali ke kota Kairo hingga sampai di tempat penginapan sekitar pukul 10 malam.

Jelajah Tiga Negara, KH Abdul Nashir Fattah Kunjungi Fismaba di Mesir

“Yang diharapkan dari mendung bukanlah turunnya hujan, tanah yang basah, dan dedaunan yang kembali hijau, melainkan buah-buahan yang ranum. Pun begitu dengan proses kita selama belajar, bukan banyaknya ilmu, nilai yang diraih, gelar panjang bak sepur, dan apapun itu. Melainkan hasil dari menuntut ilmu itu sendiri, yaitu akhlak mahmudah (baik), jika kita berakhlak mahmudah, maka ilmu itu pun menjadi minnah, jika berakhlak madzmumah (buruk), ilmu itu menjadi fitnah. Naudzubillah. Ilmu yang manfaat itu seperti yang seperti apa?, ilmu yang disertai perasaan khosyyah pada Allah swt. Seperti dawuh Ibnu Ata’illah dalam Hikam-nya

العلم إن قارنته الخشية فلك، وإلا فعليك

Kunci sukses seseorang itu jika selalu bersama dengan Al-Qur’an. Perlu adanya regenerasi sosok-sosok seperti Sayidah Nafisah Al Ilmi di zaman sekarang!”,(disadur oleh mahasiswa al-azhar Alumni PP Al-Amanah PPBU Tambakberas Jombang). secercah cahaya hikmah dari Almukarrom KH Abdul Kholik Hasan untuk para mahasiswa di tengah-tengah perjalanan ziarah kemarin.

Setelah sampai tempat penginapan, Rombongan segera bersiap-siap berkemas untuk melanjutkan perjalanan ke Palestina. Dijadwalkan pukul 3 dini hari waktu Kairo, rombongan jamaah tur 3 negara akan meninggalkan kota Kairo dan akan menuju kawasan Semenanjung Sinai. Para Mahasiswa alumni Bahrul Ulum yang  ada di Mesir segera menuju hotel tempat penginapan para rombongan untuk hormat terakhir dan membantu segala persiapan yang dibutuhkan para aba yai dan ibu nyai.

Di saat terakhir sebelum berpamitan, Aba Kiai Abdul Nashir Fattah memberikan pesan-pesan kepada para mahasiswa untuk selalu bersabar dan berusaha dalam menghadapi setiap keadaan dan tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada di negeri para nabi ini untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya dan mengambil berkah dari para Ulama Al-Azhar.

Lebih baru Lebih lama