Fismaba Mesir Gelar Program Baru; Syifa!

Fismaba Mesir Gelar Program Baru; Syifa!

Fismaba – Demi mewujudkan Fismaba Mesir yang lebih berintelektual dan berilmiah, Pengurus Divisi Keilmuan Fismaba Mesir telah menyiapkan program kerja baru untuk tahun ini, Syifa (Syawir Fismaba).

“Benar, berhubung status kita pelajar apalagi dengan background Mahasiswa/i Al-Azhar, maka sudah sepantasnya kita memberi program yang tentunya bersifat Ilmiah dan menunjang pelajaran di kuliahnya. Karenanya, divisi kami menghadirkan Syifa untuk Teman-Teman Fismaba,” ungkap Koordinator Keilmuan, ‘Abda Rifqi kepada rekan khidmah pada rapat perdana BPH dan Koordinator tiap divisi di kafe Aulad Sho’idiy pada 16 Desember 2022.

Syifa sendiri merupakan singkatan dari Syawir Fismaba yang berarti program ini menggunakan musyawarah, dimulai dengan bacaan tiap anggota secara bergilir, kemudian setiap anggota Syawir berhak memberikan tanggapan atau melempar pertanyaan ke forum atas apa yang sudah dibaca. Selain itu, peserta juga berhak membantu menjawab persoalan yang dibahas dalam forum.

Sebelumnya, ada 3 tema yang ditawarkan oleh pihak divisi keilmuan ke Teman-Teman Fismaba Mesir melalui Grup WA Fismaba Mesir; Fiqih (Fath al-Mu'in), Pemikiran Kontemporer (Al-Thariq ila al-Turats), dan Maqashid al-Syariat (Maqashid al-Syariat Dalil Lil Mubtadiin). Dari hasil survei, materi terakhir merupakan fan dengan peminat tertinggi, sehingga Maqashid al-Syariat Dalil lil Mubtadiin menjadi kitab yang dikonsumsi pada Syifa ini.

Agenda yang dilaksanakan malam Jum’at di pekan I dan III setiap bulannya ini, pertemuan perdananya berhasil digelar di Sekretariat Fismaba Mesir, Gamaliyah, pada Kamis 16 Maret 2023. Musyawarah ini lumayan mengundang banyak peminat, terbukti dengan hadirnya kurang lebih 15 partisipan berikut satu mentor, Cak Rifqi Ramadhani.

Besar harapan dari program ini menjadi program keilmuan yang berumur panjang, “Semoga Syawir ini menjadi sebuah program berkelanjutan dan bisa memicu hubungan keilmuan antar kawan-kawan Fismaba,” Harap Abda’ Rifqi.

Pewarta: Kimpul Pena

Lebih baru Lebih lama