Nuzululqur'an Fismaba Mesir: Khataman Al-Qur’an bil Ghaib dan Buka Bersama

Nuzululquran Fismaba Mesir: Khataman Al-Qur’an bil Ghaib dan Buka Bersama

Fismaba – Bulan Ramadan merupakan bulan suci dan mulia bagi segenap makhluk langit dan bumi, sebab Al-Qur’an diturunkan pada bulan ini. Sebagai bentuk syukur atas nikmat nuzululqur'an, Fismaba Mesir menggelar acara khataman Al-Qur’an bil ghaib pada Sabtu, 08 April 2023. Bertempat di Sekretariat Fismaba Mesir, Gamaliyah.

Khataman Al-Qur’an bil ghaib ini dimulai sejak pagi hingga sore hari. Dengan 20 peserta yang telah ditentukan dan dirasa mampu membaca juz yang dibagi oleh Atho’ selaku penanggung jawab acara. Sebelumnya, ia telah mengonfirmasi peserta melalui undangan khataman, jauh sebelum hari-H guna mematangkan hafalan mereka, sehingga hal demikian ini memberi waktu dan ruang untuk takrir hafalan Al-Qur’an mereka.

Atho’ berharap dengan adanya kegiatan ini, selain sebagai tabarukan dengan peringatan Nuzululqur'an, dapat memberi ruang untuk anggota Fismaba Mesir, khususnya penghafal Al-Qur’an agar dapat mengulang hafalan dan disemak secara saksama oleh penghafal lainnya. Juga untuk mewujudkan hafalan yang lebih kuat, serta meningkatkan keberanian untuk membacakan hafalannya di ruang umum.

Di sore harinya juga diadakan pembacaan Burdah Al-Bûshîriyyah untuk menyanjung perjuangan Baginda Nabi Agung Muhammad SAW; sebagai wasilah kelak kita bisa meraih syafaat darinya, di hari Hisab. Pada sesi pembacaan Burdah, semua anggota Fismaba Mesir melantunkannya secara bersamaan dan khidmat.

Sambil menunggu waktu magrib, acara dilanjut dengan sesi perkenalan maba (mahasiswa/i baru); anggota baru Fismaba Mesir, yang baru saja mendarat di bumi Kinanah, Mesir. Maba tersebut bernama; Kava, Asif, Izzah, dan Afaf. Usai perkenalan maba, acara dilanjut dengan perkenalan oleh semua anggota Fismaba Mesir secara bergantian.

Perkumpulan ini semakin sempurna dengan dilengkapi momen buka bersama keluarga Fismaba Mesir. Dengan menu yang lezat dan nikmat, tentunya berhasil menyatukan dan menjadikan silaturahmi terasa lebih hangat bagi sesama anggota Fismaba Mesir.

Pewarta: Kimpul Pena

Lebih baru Lebih lama