Potret Idulfitri Santri Tambakberas di Mesir

Potret Idulfitri Santri Tambakberas di Mesir

Fismaba – Ramadan (1444 Hijriah) di Mesir berlangsung selama 29 hari. Usai azan magrib di hari Kamis, 20 April 2023, platform Dar Al-Ifta’ Mesir (nama instansi terpercaya dan terakurat perihal fatwa) secara resmi menginformasikan bahwa 1 Syawal jatuh pada hari Jumat, 21 April 2023. Pada malam itu pun juga, masyarakat Mesir menggelorakan takbir kemenangan.

Di Mesir banyak sekali masjid yang disediakan oleh pemerintah untuk salat Idulfitri, termasuk Masjid Hakim bi Amrillah, salah satu masjid besar di Kairo. Masjid dengan arsitektur gagah nan indah mempesona dengan dinding tebal mengelilingi sisi masjid. Di hari kemenangan dan kebahagiaan kali ini, Keluarga Besar Fismaba Mesir melaksanakan salat Idulfitri di masjid tersebut. Tepat pukul 05.48 CLT, ikamah dikumandangkan. Para jemaah pun salat dengan penuh kekhusyukan.

Setelah melaksanakan salat Id, anggota Fismaba Mesir bersalam-salaman di halaman masjid. Kemudian, sebelum beranjak ke Sekretariat Fismaba, mereka menyempatkan untuk mengambil momentum perayaan hari raya ini dengan foto bersama. Setelah itu, acara dilanjut dengan halalbihalal yang digelar di Sekretariat Fismaba Mesir, Gamaliyah. Hal itu dilakukan sebagai bentuk takzim dan menjaga tradisi yang telah diwariskan salah satu begawan Tambakberas, KH Wahab Hasbullah.

Acara itu berjalan dengan khidmat dan ceria. Beragam menu makanan dan camilan khas Nusantara yang dibawa oleh tiap anggota Fismaba Mesir menambah keharmonisan dan kehangatan suasana. Mereka sangat menikmati sajian yang ada. Mulai dari cilok, risol, pisang coklat, sempol dan lain sebagainya sukses menghiasi acara tersebut. Lalu acara dilanjut dengan sambutan dari tiap angkatan untuk menyampaikan permohonan maaf secara kolektif.

Setelah menyimak sambutan dan sambil menunggu soto ayam yang masih dipanaskan, Cak Ipul (salah satu senior Fismaba Mesir) hadir dan berkenan memimpin hiburan dengan membawakan lagu dan selawat. Lantunannya sukses memikat hadirin. Mereka secara spontan ikut melantunkan bait-bait lagu yang disuguhkan; mulai dari lagu Indonesia, Timur Tengah, hingga selawat tak lupa terlantunkan di kesempatan itu. Setelah sesi hiburan berjalan selama–kurang-lebih–setengah jam, akhirnya soto ayam pun mulai didistribusikan.

Momen perayaan ini ditutup dengan foto bersama dan berakhir pada pukul 09.30 CLT. Acara berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Pada akhirnya, anggota Fismaba Mesir pulang ke tempat tinggal masing-masing.  

Pewarta: Kimpul Pena
Editor: Syafil Umam
Lebih baru Lebih lama