Fismaba Mesir Lahirkan Kader Penulis

Fismaba Mesir Lahirkan Kader Penulis

Fismaba – Alumni Tambakberas telah menggelar upgrading skill di Kairo, Mesir, tepatnya di Sekretariat Fismaba Mesir, Gamaliyah, Kairo. Upgrading skill ini difokuskan untuk mengader jiwa kepenulisan anggota Fismaba Mesir.

Untuk pertama kalinya, program yang berjudul “Pelatihan Kepenulisan bersama Fismaba Mesir” terbilang sukses diminati banyak kader. Terhitung selama dua hari digelar (25-26 Juli), pelatihan ini konsisten dihadiri 16 peserta terdiri dari lima angkatan berbeda (kedatangan 2018-2023). Dimentori oleh Kang Syafil Umam; senior Fismaba berpengalaman dan berkompeten, dan pegiat literasi yang melanglang buana di berbagai platform masisir atau pun non-masisir.

Pada agenda ini, peserta dibekali segenap ilmu kepenulisan dalam banyak hal; menulis sesuai EYD dan KBBI, menghemat bahasa, menyusun gagasan, kiat-kiat menulis esai, opini, dan artikel, juga bagaimana cara menginovasi paragraf; deskriptif, naratif, argumentatif, eksposisi, dan persuasif. Dan masih banyak lagi ilmu yang diberikan oleh mentor.

Fismaba Mesir Lahirkan Kader Penulis

Tidak sebatas teori, usai pertemuan pertama selesai, beliau tancap gas memberi peserta tugas menulis paragraf naratif dan argumentatif dan dikumpulkan di hari kedua. Dengan semangat, tugas ini disambut baik oleh hadirin. Menariknya, pada tugas ini terdapat hadiah langsung dari Kang Syafil berupa buku bagi tiga penulis paragraf terbaik.

Pelatihan ini diwujudkan atas dasar kepedulian dan empati Abang Syafil untuk anggota Fismaba agar tidak darurat penulis dan dapat mempertahankan konsistensi Fismaba dalam setiap karyanya sehingga eksistensi terus terjaga. Prakarsa beliau didukung penuh oleh pengurus Fismaba Mesir, sebab hal ini sebagai upaya meningkatkan daya tarik menulis mereka dan menyiapkan kader Fismaba untuk mengisi dan berkontribusi dalam ruang karya yang dimiliki Fismaba Mesir di bidang kepenulisan; web Fismaba, dan klub karya Fismaba.

Pewarta: Kimpul Pena

Lebih baru Lebih lama