Jama’ Bersama Fismaba Mesir; Mit Ghamr–Tanta−Dasouk

Makam Syekh Mutawalli Asy-Sya’rawi (Mit Ghamr)
Makam Syekh Mutawalli Asy-Sya’rawi (Mit Ghamr)

Fismaba – Tak lama lagi ujian akhir Al-Azhar akan tiba. Segala upaya dan doa telah dipersiapkan oleh teman-teman Fismaba. Selain mempersiapkan ujian−dengan belajar dan muzakarah, mereka tak lupa memohon kepada Yang Maha Kuasa melalui perantara aulia dan ulama. Sebagaimana yang tampak pada agenda Fismaba Mesir kali ini ; “Jama’ bersama Fismaba Mesir”.

Jama’ sendiri adalah akronim dari “Jelajah Makam Aulia’ dan Ulama”. Agenda spiritual yang dimiliki Fismaba sebagai kegiatan pengenalan profil ulama yang telah mendahului kita, secara sekilas. Serta wadah untuk bertawakal kepada Khalik dalam segala urusan di dunia yang fana ini. Sebab, berdoa melalui perantara aulia dan ulama diyakini lebih cepat dalam pengabulan doa.

Makam Syekh Ibrahim Ad-Dasuqi (Dasouk)
Makam Syekh Ibrahim Ad-Dasuqi (Dasouk)

Nah, dalam kesempatan ini, pengabdi (sebutan pengurus Fismaba) Fismaba berhasil menggelar Jama’ pada 7 Mei 2023 di tiga destinasi, di luar Kairo; Syekh Mutawalli Asy-Sya’rawi (Mit Ghamr), Syekh Ahmad Imam Al-Badawi (Tanta), dan Syekh Ibrahim Ad-Dasuqi (Dasouk).

Dalam acara itu, rombongan Jama’ membaca tahlil dan berdoa bersama. Dipimpin oleh tiga tokoh top Fismaba secara bergantian; Kang Syafil, Kang Yusril, dan Kang Abda. Harapan dari pembacaan tahlil dan doa ini bisa menjadi wasilah kelancaran dan kesuksesan dalam menjalani ujian akhir, terkhusus teman-teman Fismaba Mesir.

Makam Syekh Ahmad Imam Al-Badawi (Tanta)
Makam Syekh Ahmad Imam Al-Badawi (Tanta)

Ada hal menarik dalam agenda Jama’ kali ini. Usai tuntas menziarahi tiga destinasi di atas, kami mendapat hiburan dengan mengunjungi kebun binatang secara gratis. Berawal dari kebingungan panitia Jama’ ketika menentukan lokasi makan malam, akhirnya sopir bis mengarahkan rombongan ke lokasi kebun binatang yang berdampingan dengan warung makan. Selama ± dari satu jam, kami menikmati hidangan yang disediakan panitia dan pemandangan hewan-hewan yang memanjakan mata, hingga akhirnya jam menunjukkan pukul 17.30, waktunya kami beranjak pulang, ke Kairo. 

Pewarta: Kimpul Pena
Editor: Syafil Umam
Lebih baru Lebih lama