Peringatan Haul Masyâyikh Bahrul Ulum bersama Fismaba Mesir; Termasuk Pendiri KMNU Mesir dan Fismaba Mesir

Peringati Haul Masyâyikh Bahrul Ulum bersama Fismaba Mesir; Termasuk Pendiri KMNU Mesir dan Fismaba Mesir

Fismaba – Pengurus Fismaba Mesir sukses menyelenggarakan Peringatan Haul ke-36 Almaghfurlah KH Najib Abd. Wahab, Pendiri KMNU Mesir—yang saat ini dikenal PCINU Mesir—dan KH Nashir Abd. Fattah ke-1 yang merupakan Pendiri Fismaba Mesir. Haul ini bertempat di Aula Kahha PCINU Mesir, Kairo, pada Hari Jumat, 25 Agustus 2023. Kegiatan ini sekaligus memperingati haul masyâyikh Bahrul Ulum lainnya: KH Abd. Malik Abd. Hamid ke-41, KH Nashrullah Abdurrahim ke-21, KH Alfatich Abdurrahim ke-28, KH Irfan Sholeh ke-2. 

Gelaran haul masyâyikh Bahrul Ulum ini terasa khidmat dan nikmat sebab dihadiri oleh Rais Syuriah PCINU Mesir, KH Muhlason Jalaluddin, Lc., M.M. dan Ketua Tanfidziyah PCINU Mesir, KH Faiz Husaini, Lc., M.A., beliau-beliau hadir bersama istrinya yang termasuk anggota senior Fismaba Mesir; Bu Nayla Maghfirah dan Bu Maramita. Tak lupa, KH Abd. Wahab Naf’an, Lc., M.A. sekeluarga dan senior lainnya ikut serta peringatan haul akbar ini. 

Mengawali rangkaian acara dari pukul 15.00, grup selawat Fismaba Mesir yang dipandu Kang Deden mewarnai jalannya haul kali ini dengan pembacaan Maulid Ad-Diba’i. Dilanjut pembacaan Yasin dan tahlil bersama anggota Fismaba Mesir serentak yang dipimpin oleh Kang Abda' yang dihadiahkan pada para masyâyikh Bahrul Ulum.

Beranjak sesi sambutan, Ketua Fismaba Mesir menyampaikan beberapa hal, “Saya atas nama Pengurus Fismaba Mesir ingin berterima kasih banyak pada semua sesepuh Fismaba Mesir yang berkenan hadir, utamanya Bapak Abd. Wahab Naf’an sekeluarga yang rela berpergian jauh dari kediaman beliau di luar Kairo, Ismailiyah. Dan juga, kepada Pengurus PCINU Mesir yang telah menfasilitasi Aulanya untuk tempat haul Pendiri PCINU Mesir dan Fismaba Mesir kali ini. Harapan dari haul ini, selain bentuk pengabdian pada masyâyikh, juga menjadi pengikat tali silaturahmi antar anggota Fismaba mesir, terkhusus juniornya dapat mengenali sesepuh Fismaba Mesir. Semoga dari haul ini,  Fismaba Mesir dan PCINU Mesir bisa saling silaturahmi dan bersinergi dalam menjalankan visi-misi KH Abd. Wahab Hasbullah.”

Peringati Haul Masyâyikh Bahrul Ulum bersama Fismaba Mesir; Termasuk Pendiri KMNU Mesir dan Fismaba Mesir

Sambutan kedua disampaikan oleh perwakilan pengurus PCINU Mesir. Dalam sambutannya, beliau memberi pesan penting, “Alangkah miskinnya orang-orang yang mempunyai guru dari guru-guru yang masih hidup saja. Untuk itu, sering-seringlah mengirim Al-Fatihah serta doa untuk para masyâyikh terdahulu.” Pesan KH Faiz Husaini selaku Ketua Tanfidziyah PCINU Mesir periode 2023-2025.

Seusai sesi sambutan, acara dilanjutkan dengan isyhâd wal mawâ’izh yang dibawakan langsung oleh senior Fismaba sekaligus pengajar di sekolah yang ada di Bahrul Ulum, KH Abd. Wahab Naf’an. Beliau menceritakan—secara global—banyak hal seputar sejarah Pondok dan masyâyikh Bahrul Ulum; proses Pondok Pesantren Bahrul Ulum didirikan, dan asal muasal nama ‘Tambakberas’ yang kita kenal sampai saat ini. Itu semua, beliau paparkan dalam sesi isyhâd wal mawâ’izh ini. Pak Wahab juga mengajak anggota Fismaba Mesir untuk kembali mengingat bagaimana perjuangan para masyâyikh terdahulu, sehingga dapat diambil suri teladan dan menjadi bekal perjalanan kami. Dan yang terpenting, beliau berpesan untuk menjadi pribadi visioner, “Santri Tambakberas, khususnya anggota Fismaba Mesir harus menjadi pribadi yang visioner. Lihat PCINU Mesir saat ini, kita dapat merasakan kemanfaatan yang ada dalam PCINU Mesir ini adalah hasil visioner dari KH Najib Abd. Wahab.”

Terlalu asyik mendengarkan cerita yang disampaikan Pak Wahab, membuat kita tak menyadari bahwasannya waktu sudah menjelang magrib dan menandakan acara segera berakhir. Namun sebelum itu, grup selawat Fismaba Mesir mengajak kita kembali melantunkan selawat mahalul qiyam, dengan harapan agar acara yang digelar sore hari ini mendapat berkah dan rida-Nya melalui syafaat dari Kanjeng Nabi Muhammad SAW. Jarum jam menunjuk pukul 18.00, acara ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Gus Irsyad, beliau merupakan suami dari Neng Icha Rabbani yang termasuk zuriah Bahrul Ulum.

Peringati Haul Masyâyikh Bahrul Ulum bersama Fismaba Mesir; Termasuk Pendiri KMNU Mesir dan Fismaba Mesir

Tak ingin kehilangan momen, Izzah selaku MC mengajak semua hadirin-hadirat untuk foto bersama sesepuh Fismaba Mesir dan PCINU Mesir. Pascasesi dokumentasi, para anggota Fismaba dan seluruh tamu undangan dipersilahkan untuk menikmati hidangan olahan koki andalan Fismaba Mesir, Kak Muhib yang dibantu oleh tim dapur. Alhamdulillah, serangkaian acara pada hari yang berkah ini berjalan dengan khidmat dan lancar. Semoga dengan terlaksananya Peringatan Haul Akbar Masyâyikh Bahrul Ulum dapat menggugah semangat anggota Fismaba Mesir dalam berkhidmah dan berkiprah sebagaimana suri teladan para masyâyikh Bahrul Ulum.

Pewarta: Tariska Amalia Firdaus
Editor: Kimpulpena
Lebih baru Lebih lama