Sowan Senior di Dokki, Fismaba Mesir Adakan Manakiban dan Arisan

Sowan Senior di Dokki, Fismaba Mesir Gelar Manaqiban dan Arisan

Fismaba – Agenda bulanan dari divisi keputrian Fismaba Mesir, yakni “Arisan dan Manakiban”, kali ini kembali digelar pada hari Kamis, 14 September 2023 dengan suasana yang berbeda dari sebelumnya. Pasalnya, rutinan kali ini dilaksanakan di Dokki, bertempat di kediaman salah satu senior Fismaba Mesir, Ibu Alfiah Sari.

Arisan dan manakiban ini merupakan agenda rutin tiap bulan yang diikuti oleh keputrian Fismaba Mesir. Untuk tempatnya, biasa direalisasikan secara bergilir di setiap rumah anggota keputrian Fismaba yang menyebar di beberapa daerah yang berbeda di Kairo, sebagai upaya mempererat tali silaturahmi antar anggota keputrian Fismaba Mesir.

Acara kali ini terbilang istimewa sebab tidak hanya dihadiri anggota keputrian saja, melainkan beberapa teman banin Fismaba Mesir juga turut serta dalam memeriahkan acara sore hari ini. Selain forum agenda keputrian Fismaba, momen ini sekaligus ajang sowan Fismaba Mesir kepada senior, terlebih guna memperkenalkan anggota baru dan berkesempatan meminta nasihat dari senior yang telah lama tinggal lebih dulu di Mesir, 2004. 

Sowan Senior di Dokki, Fismaba Mesir Gelar Manaqiban dan Arisan

Usai terdengar azan asar dikumandangkan, acara langsung dimulai dengan pembacaan manakib Syekh Abdul Qodir Jailani bersama-sama secara bergantian, dan doa manakib dipimpin langsung oleh Bapak M Arif Ramadhan atau Pak Adon sapaan akrabnya–suami dari Bu Alfiah sekaligus Pelaksana Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Kairo. Sebelum beranjak pada sesi arisan, rangkaian berikutnya dilanjut dengan pembacaan tahlil yang ditujukan kepada ahli kubur dari sahibulbait, serta seluruh masyayikh Tambakberas dan Al-Azhar.

Kunjungan sore hari ini terasa hangat, ditambah dengan cuaca kairo yang sudah mulai bersahabat dan berbagai jamuan yang begitu lezat, membuat topik obrolan kita mengalir begitu saja dan terasa cepat. Cerita-cerita romantis dan gemas dari Pak Adon maupun Bu Alfiah yang langsung saja dipenuhi dengan timpalan gelakan tawa dari teman-teman Fismaba yang begitu dahsyat, terasa silaturahmi makin berkesan layaknya keluarga sendiri yang begitu dekat.

Dalam beberapa kesempatan obrolan santai tersebut, Bu Alfiah juga menyampaikan kepada mbak-mbak Fismaba khususnya, agar mempunyai target dalam hidupnya, “Kapan akan menyelesaikan pendidikan? Kapan waktunya mencari penghasilan sendiri? Dan kapan waktunya untuk menikah?”, pungkas beliau dengan diiringi gelak tawa dari teman-teman Fismaba pada agenda yang berakhir pukul 22.00 malam hari.

Penulis: Tariskamalia
Editor: Kimpulpena
Lebih baru Lebih lama