Bagian 2: Jama’ & Vacation II Dekade Harlah Fismaba Mesir

Bagian 2: Jama’ dan Vacation II Dekade Harlah Fismaba Mesir
Makam Sidi Salim dan Sayidah Laila di Marsa Alam

Menyucikan Batin serta Menenangkan Pikiran di Marsa Alam dan Lereng Humaitsara

Marsa Alam

Fismabamesir.com – Usai puas dan tuntas menikmati destinasi selama di Luxor, kami mulai beranjak dan berpamitan dengan Luxor di Hatsepshut pukul 12 siang sebelum menuju Makam Sidi Salim di Marsa Alam. Selama di perjalanan yang ditempuh 5 jam, kami gunakan untuk istirahat hingga tiba di destinasi berikutnya. Pukul 4.30, kami serombongan memasuki Makam Sidi Salim yang tidak jauh dari parkiran bus yang kami naiki. Tak lupa, menziarahi Makam Sayidah Laila yang terletak tepat di belakang kawasan Sidi Salim. Ketika menjelang magrib, kami kembali ke bus untuk melanjutkan perjalanan ke Humaitsara yang merupakan tujuan utama pada Jama’ Fismaba Mesir kali ini.

Baca juga Bagian 1: Jama’ & Vacation II Dekade Harlah Fismaba Mesir

Humaitsara

Ditemani mentari yang mulai tersipuh malu serta gunung dan gurun yang dihiasi bebatuan, kami tiba di Humaitsara setelah melewati sepinya jalanan selama 2 jam setengah. Sesampainya di Makam Abu Al-Hasan Asy-Syadzili, kami langsung bergegas masuk ke makam beliau yang terletak di belakang masjid. Di sini, kami melaksanakan pembacaan tahlil yang dipimpin oleh Baba Zidni, dan ditutup dengan doa oleh Pak Wahab. Momen ziarah makin khidmat dengan pemaparan biografi sahibulmakam dengan jelas dan lugas yang dibawakan oleh Kang Yusril.

Bagian 2: Jama’ dan Vacation II Dekade Harlah Fismaba Mesir
Makam Syekh Abu Al-Hasan Asy-Syadzili di Humaitsara

Pascamenziarahi dan menjelajahi makam mursyid tarekat Syadziliyah tersebut, rombongan Fismaba Mesir bergeser ke tempat disemayamkannya Sayidah Zakiyah yang berjarak 30 meter dari Makam Imam Syadzili. Peserta Jama’ menggelar beberapa agenda di kawasan Sayidah Zakiyah, mulai dari tahlilan, majlisan, napaktilas ruang khalwat Sayidah Zakiyah yang tepat berada di samping makam beliau, hingga pembacaan Maulid Ad-Diba’i, kemudian ditutup dengan makan malam.

Hari Selasa, pukul 6 pagi, dengan semangat dan rasa penasaran usai istirahat penuh semalaman, kebanyakan rombongan kami mulai menaiki bukit Humaitsara yang cukup terkenal di kalangan mahasiswa Indonesia di Mesir. Di atas bukit, kami dapat melihat dan memandang Humaitsara sejauh mata memandang disertai keindahan dan kemegahan Masjid Syadzili di pagi hari. Hunting foto menjadi agenda yang banyak diminati teman-teman selama di atas bukit. Setelah dua jam, matahari mulai menampakkan sinarnya, saatnya kami turun ke bawah untuk bergegas ke Hurghada, destinasi berikutnya.

Baca juga Bagian 3: Jama’ & Vacation II Dekade Harlah Fismaba Mesir

Pewarta: Kimpul Pena
Editor: M. Rofiqul Amin
Lebih baru Lebih lama