Puncak Peringatan II Dekade Harlah Fismaba Mesir, Alumni Tambakberas di Mesir Semangat Kuatkan Seduluran dan Gelar Tasyakuran

Puncak Peringatan II Dekade Harlah Fismaba Mesir, Alumni Tambakberas di Mesir Semangat Kuatkan Seduluran dan Gelar Tasyakuran

Fismabamesir.com - Panitia harlah Fismaba Mesir telah sukses mengadakan doa bersama untuk mensyukuri dan menyambut Harlah II Dekade Fismaba Mesir. Hajatan ini sebagai puncak dari deretan acara harlah yang disusun rapi oleh panitia, dan digelar pada hari Senin (23/10/2023) di Aula Griya Jawa Tengah, Madinat Nashr.

Acara ini diikuti oleh kurang lebih 80 anggota Fismaba Mesir dan beberapa tamu undangan. Selain itu, turut hadir pula senior Fismaba Mesir, Ibu Alfiah Sari beserta suaminya—Bpk. Arif Ramadhan, Lc., M.Si. yang kini sedang menjabat sebagai Pelaksana Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya KBRI Kairo—.

Puncak Harlah II Dekade Fismaba Mesir ini diisi dengan doa bersama, pembacaan yasin dan tahlil sebagai doa untuk para masyâyikh Bahrul Ulum, dan pembagian hadiah bagi para pemenang lomba yang digelar. Sebelumnya, telah diadakan juga rangkaian acara Harlah II Dekade Fismaba Mesir seperti berziarah dan berlibur ke sejumlah destinasi yang terpusat di Qina, Luxor, Humaitsara, dan Hurghada, Fun Games dan Sport Day sebagai ajang internal, dan Lomba Karya Tulis sebagai ajang eksternal turut mewarnai, dilanjut Khataman Al-Qur’an bil Ghaib dari anggota Fismaba Mesir.

Acara tersebut resmi dibuka jam 14.30 oleh Saudari Farida dan Madalia selaku pembawa acara, yang tentunya disambut dengan tepuk tangan yang meriah dari para tamu undangan. Mengawali dengan lantunan selawat dari grup banjari An-Nahdlah yang dapat dinikmati oleh hadirin di tempat, dilanjutkan pembacaan tahlil beserta doa yang dipimpin oleh Saudara Anas, pembacaan tahlil tersebut dikhususkan kepada para masyâyikh Bahrul Ulum. Dilanjut menyayikan lagu Indonesia Raya dan Yalal Wathon yang dipandu Saudari Rara.

Ketua Panitia Harlah II Dekade Fismaba Mesir, Gelar Washolil Autho dalam sambutannya mengajak anggota Fismaba Mesir agar ciptakan rasa nyaman dalam Fismaba Mesir guna menjadi rumah bersama selama di Mesir. Dan tak lupa, ia juga mengucapkan terima kasih banyak pada seluruh panitia harlah, atas tenaga dan pikiran yang mereka dedikasikan untuk terealisasinya hajatan ini. 

Ketua Umum Fismaba Mesir, M Anim Bihi Kamaladin turut mengobarkan semangat persaudaraan dan mengangkat tema harlah ini agar tidak hanya menjadi mimpi, namun dapat diwujudkan dalam keluarga Fismaba Mesir. “Tunjukkan bahwa kita masih satu identitas, dengan anggota yang berjiwa solidaritas, berintegritas di mana pun berada, semata-mata mengabdi dan mengharumkan nama Bahrul Ulum yang kita cinta,” tuturnya penuh semangat saat mengisi sambutan.

Gus Ketum juga menyampaikan, bahwa di dua dekade Fismaba Mesir ini, teman-teman Fismaba Mesir harus banyak-banyak bersyukur. “Keberadaan Fismaba Mesir telah didirikan dan diijtihadi oleh almaghfûrlah KH Nashir Abd. Fattah. Dan kini, 20 tahun masih solid dan eksis berkiprah di mana pun berada, termasuk di PCINU Mesir. Tiada lain mari kita syukuri dan nikmati.” ungkapnya.

Ucapan “Selamat dan Sukses” dari berbagai tokoh turut disaksikan dalam jalannya acara yang telah disiapkan oleh tim proyektor, di antaranya Ketua Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Ketua IKABU, Ketua Tanfiziah dan Rais Syuriah PCINU Mesir, beserta alumni Pondok Pesantren Bahrul Ulum lintas negara.

Usai menyimak berbagai sambutan dan ucapan, acara disambung dengan launching karya dari teman-teman yang bergelut di Klub Karya Fismaba Mesir, dengan judul "Ruh Ilmu Pengetahuan Islam", terjemah dari kitab Rûh Al-'Ilm; Matn fî Manhaj Al-Bahts Al-Ma'rifî 'Inda 'Ulamâ Al-'Âlam Al-Islâmî, karya Syekh Ahmad Husein Al-Azhary. Terjemah ini merupakan persembahan dari kepengurusan era Gus Wafa sebagai ketua umum pada tahun 2022, digarap sejak saat itu hingga akhirnya berhasil diselesaikan dan dapat di-launching pada Harlah II Dekade tahun ini. Abda sebagai salah satu kontributor terjemah mengawal jalannya launching ini, ia menyampaikan bahwa terwujudnya karya ini berawal dari harapan salah satu masyâyikh Bahrul Ulum yang tempo hari sedang berkunjung ke Mesir, beliau mendorong agar santri Tambakberas di Mesir dapat melahirkan karya bermanfaat dan menginspirasi santri Bahrul Ulum.

Perwakilan Staf KBRI untuk Mesir, Bpk. Arif Ramadhan yang akrab disapa Pak Adon berpesan agar teman-teman Fismaba Mesir agar dapat berbaur dengan masyarakat dengan cara yang baik. “Kelak di masyarakat, sebenar apa pun pendapat teman-teman, sesalah apa pun pendapat masyarakat, jangan mudah menyalahkan.” nasihat beliau dalam mauizah hasanah.

Acara dilanjut dengan pemotongan tumpeng sebagai simbolis tasyakuran harlah Fismaba Mesir kali ini. Dalam hal ini, Pak Adon sekalian ditemani Ketua Fismaba Mesir dan Ketua Harlah II Dekade terlibat dalam pemotongan tumpeng, sembari diiringi syair “Alfa Mabruk” yang dibawakan An-Nahdlah menjadikan jalannya acara terasa makin khidmat dan hidup.

Dilanjut dengan pembagian hadiah bagi para pemenang dari berbagai lomba yang diadakan, ditutup dengan ramah-tamah dan pengambilan dokumentasi sebagai kenang-kenangan bersama keluarga Fismaba Mesir di momen Harlah II Dekade Fismaba Mesir 2023.

Penulis: Tariskamalia
Editor: Kimpulpena
Lebih baru Lebih lama