Perkuat Literasi, Fismaba Mesir Gelar Pelatihan Kepenulisan

Perkuat Literasi, Fismaba Mesir Gelar Pelatihan Kepenulisan

Fismabamesir.com – Pengurus Forum Informasi Silaturahmi Mahasiswa dan Alumni Bahrul Ulum (Fismaba) Mesir kembali menggelar Pelatihan Kepenulisan Bersama Fismaba Mesir. Seperti sebelumnya, kegiatan tersebut diadakan sebagai bentuk kepedulian dari pengurus Fismaba Mesir dalam dunia literasi. Pelatihan yang mengusung tema ”Menulis Adalah Proses Membaca Berulang-Ulang” itu dilaksanakan selama dua hari, 29 Februari dan 7 Maret 2024 di Sekretariat Fismaba Mesir, Gamaliyah, Kairo.

Untuk kali kedua, pelatihan yang berkolaborasi dengan Fismabamesir.com tersebut cukup diminati banyak anggota. Terhitung selama dua pertemuan, ada 15 warga Fismaba Mesir yang antusias hadir belajar bersama Cak Rifqi Ramadhani sebagai pemateri; salah satu senior Fismaba Mesir yang aktif melanglang buana dalam dunia literasi.

Pada pertemuan perdana, Cak Rifqi memaparkan berbagai hal tentang literasi serta dinamika yang ada. Mulai dari tip belajar menulis, tantangan yang dihadapi penulis, psikologi tulisan, tujuan dari tulisan, hingga unsur-unsur penting dalam sebuah esai. ”Sebuah tulisan itu memiliki kekuatan. Ia ibarat pedang bermata dua, bisa digunakan untuk memengaruhi orang lain atau malah menyerang diri sendiri,” ungkap mentor yang akrab dipanggil Mas Peh tersebut. Di penghujung pertemuan, Cak Rifqi langsung memberikan tugas untuk menulis artikel kepada seluruh peserta. ”Tulislah apa yang ada di kepala atau yang mungkin terjadi di sekitar kalian,” ujarnya.

Perkuat Literasi, Fismaba Mesir Gelar Pelatihan Kepenulisan

Lanjut pertemuan pemungkas, materi yang dipaparkan lebih intensif lagi. Dengan berbekal dari artikel-artikel yang sudah dikirimkan oleh para peserta, Cak Rifqi menjelaskan terkait sedikit sejarah perkembangan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), penerapan EYD, karakteristik tulisan, manajemen konflik, dan menunjukkan beberapa contoh tulisan untuk kemudian dibedah karakteristiknya. ”Dari beberapa tulisan tersebut, kalian bisa amati perbedaan karakteristiknya. Sekarang tinggal kalian mau memilih menggunakan karakteristik yang bagaimana,” jelasnya. Sebagai penutup, Cak Rifqi memberikan motivasi kepada teman-teman Fismaba Mesir yang hadir, bahwa langkah pertama adalah langkah yang paling sulit, namun bukan berarti tidak mungkin untuk dilakukan.

Menutup jalannya agenda tersebut, Ketua I Fismaba Mesir M Rofiqul Amin yang sekaligus Pimpinan Redaksi dari Fismabamesir.com menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh teman-teman Fismaba Mesir, khususnya kepada Cak Rifqi selaku mentor, yang telah meluangkan waktunya untuk mengikuti agenda tersebut. Ia juga menyampaikan, ”Kemampuan literasi itu membutuhkan skill yang diasah dan jam terbang yang diasuh. Maka dari itu, Fismaba Mesir kemudian membentuk sebuah wadah yang berfokus kepada pelatihan literasi berupa Fismabamesir.com. Kepada teman-teman yang berminat, bisa langsung menghubungi saya”. Rangkaian acara tersebut kemudian ditutup dengan foto bersama sebagai dokumentasi.

Pewarta: Kimpulpena
Editor: Rofiqul Amin
Lebih baru Lebih lama