Sayidah Nafisah, Sang Mustajâbah Ad-Du‘â

Sayidah Nafisah, Sang Mustajâbah Ad-Du‘â

Tulisan ini berisi tentang kisah seorang perempuan muslimat yang terkenal dengan doanya yang mustajâbah. Beliau bernama Sayidah Nafisah binti Sayid Hasan Anwar bin Zaid Al-Ablaj bin Al-Imam Al-Hasan bin Al-Imam Ali bin Abi Thalib. Beliau merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW melalui Sayidina Hasan RA. 

Sayidah Nafisah dilahirkan di Makkah pada pertengahan pertama bulan Rabiulawal tahun 145 H. Sayidah Nafisah kecil menghabiskan waktunya di Madinah, kebanyakan waktunya beliau gunakan untuk menziarahi makam Nabi Muhammad SAW. Ayahnya merupakan pejabat pemerintahan di Madinah pada zaman Khalifah Manshur; sehingga meskipun lahir di Makkah, beliau menghabiskan masa kecilnya di Madinah. Beliau menikah dengan Sayid Ishaq Al-Mu’tamin bin Sayid Ja’far Shadiq yang juga merupakan keturunan Nabi SAW melalui jalur Sayidina Husein RA. 

Pada tahun 193 H, tepatnya pada 10 hari terakhir bulan Ramadan, Sayidah Nafisah beserta keluarganya berkunjung ke Mesir untuk menziarahi ahli bait yang ada di Mesir. Kedatangan beliau disambut baik oleh warga Mesir. Bahkan beberapa orang terkemuka di Mesir meminta kepada beliau untuk berkunjung ke rumahnya dengan tujuan mengharapkan berkat dan meminta doa kepada beliau. 

Suatu ketika, suami Sayidah Nafisah memutuskan untuk kembali ke Hijaz, tetapi warga Mesir berkeinginan supaya beliau menetap di Mesir. Beliau pun akhirnya menetap karena  pernah bermimpi bertemu Nabi SAW dan diperintah untuk menetap di Mesir. Pemerintah Mesir pun membuatkannya jadwal yang terbatas pada hari Sabtu dan Rabu, selebihnya beliau gunakan untuk beribadah kepada Allah SWT. 

Penduduk Mesir ketika mengeluh karena kebijakan-kebijakan pemerintah yang menyimpang, mereka mengadukan hal tersebut kepada Sayidah Nafisah, dan beliau pun menyampaikan keluhan masyarakat, serta menasihati pemerintah Mesir tentang hak-hak manusia dan mengingatkan akan azab Allah SWT. 

Beliau terkenal dengan sebutan mustajâbah ad-du’â lantaran doa-doa beliau langsung dikabulkan oleh Allah SWT. Dari ketenaran ini, ada kisah menarik antara Sayidah Nafisah dan Imam Muhammad bin Idris Asy-Syafii. Siapa yang tidak mengenal Imam Syafii, beliau sangat terkenal dalam dunia Islam, dan ternyata beliau juga berguru kepada Sayidah Nafisah. Imam Syafii sering menemui Sayidah Nafisah untuk belajar darinya. Bahkan ketika sakit pun, Imam Syafii menyuruh sahabatnya untuk memintakan doa kepada Sayidah Nafisah. Ketika sahabatnya kembali dari tempat Sayidah Nafisah, Imam Syafii sudah terlihat sehat kembali.

Namun pada suatu saat, Imam Syafii mengalami sakit parah. Seperti biasa beliau menyuruh sahabatnya untuk meminta doa kepada Sayidah Nafisah, namun kali ini Sayidah Nafisah hanya mengatakan “Matta’ahu Allahu bi an-nazhr ila wajhih Al-Karim” (Semoga Allah memberinya kegembiraan ketika berjumpa dengan-Nya). Ketika mendengar hal tersebut, Imam Syafii pun langsung paham akan maksud perkataan gurunya. Beliau mengerti bahwa waktunya telah tiba untuk meninggalkan dunia ini. Setelah itu, Imam Syafii berpesan kepada sahabatnya agar jasad beliau disalati oleh Sayidah Nafisah. Sayidah Nafisah pun menyalati jenazah Imam Syafii yang diimami oleh muridnya, Imam Abi Ya’qub Al-Buwaithi.

Setelah Imam Syafii wafat, Sayidah Nafisah mulai menyiapkan diri untuk menghadap Sang Penciptanya. Di kamarnya, beliau menggali sendiri kuburan yang akan ditempati. Lalu pada hari Jumat tanggal 15 Ramadan tahun 208 H, sakitnya bertambah parah hingga pada saat itulah beliau kembali kepada Sang Pencipta. 

Referensi: 

Ibrahim, Muhammad Zaki. 2003. Marâqid Ahl Al-Bait fi Al-Qâhirah. Kairo. Muassasah Ihya At-Turats As-Shufi

Redaktur: Akhmad Dwi Rismanto
Editor: M. Abda' Rifqi
Lebih baru Lebih lama